Semangat Tanjung Binga, Satu-satunya Desa Di Babel Yang Terpilih Menjadi Kampung Astra Berseri

Sumber : Belitungpos

PT Astra Internasional semakin serius memberikan kontribusi sosialnya guna meningkatkan kesejahteraan hidup di berbagai wilayah di Indonesia. Kampung Berseri Astra merupakan salah satu bentuk kontribusi sosial yang diberikan kepada 77 wilayah yang tersebar dari sabang sampai merauke.

Terdapat empat pilar yang menjadi prioitas PT. Astra International Tbk. Dalam hal ini meliputi kesehatan, pendidikan, lingkungan, dan kewirausahaan (UKMK). Tentunya jika keempat pilar ini terealisasi dengan baik akan memperbaiki kesejahteraan hidup mayarakat setempat.

Rencananya, akan ada 300 Kampung Berseri Astra yang tersebar di 100 kabupaten se-Indonesia. Program ini merupakan program jangka panjang. Seluruh Kampung Berseri Astra akan dibina melalui program kesehatan, lingkungan dan pendidikan. Dengan demikian, PT. Astra berharap akan Kampung Berseri Astra akan menciptakan masyarakat yang sehat, cerdas, bersih, dan produktif.

Satu-satunya di Babel hanya Tanjung Binga yang kampung berseri ini. Tanjung Binga terpilih karena ada rekomendasi dari Kementerian Pariwisata. Tanjung Binga memiliki potensi wisata yang bisa diintegarasi dalam bidang-bidang lainnya.

Kick off ini merupakan komitmen Astra untuk mengembangkan desa dalam bidang pendidikan, kesehatan, kewirausahaan, dan lingkungan melalui beberapa program yang dijalankan. Pembinaan Astra dalam kampung berseri ini merupakan program jangka panjang, hingga desa ini mandiri menurut penilaian Astra. Dalam pelaksanaan program nanti, Astra akan menggelontorkan dana melalui program CSR nya.

Sejak berjalan tahun 2013, Astra saat ini memiliki 54 KBA yang tersebar di 20 provinsi dan diharapkan pada tahun 2018 dapat menjangkau 34 provinsi di Indonesia. Tiap KBA memiliki pengembangan di 4 pilar CSR Astra, di Tanjung Binga akan dilakukan berbagai kegiatan.

Kegiatan itu di bidang Pendidikan, yaitu pengembangan kegiatan sekolah tingkat dini dan kejar paket dalam rangka mengurangi angka buta huruf & tingkat partisipasi sekolah.

Pada bidang Kesehatan, dilakukan pengembangan posyandu dan kadernya dalam rangka peningkatan level Posyandu dan sosialisasi Perilaku Hidup Bersih & Sehat.

Bidang Kewirausahaan, merupakan pengelolaan area wisata mulai dari kegiatan dan juga pengembangan SDM. Ikan hasil tangkapan nelayan di Tanjung Binga dipersiapkan agar dapat memasok seluruh wilayah Babel bahkan diekspor ke kota lain/luar negeri.

Produk olahan selama ini hanya pengeringan ikan asin, potensi sangat besar untuk diolah lebih lanjut menjadi produk dengan nilai jual lebih tinggi dengan mengadakan pelatihan pengemasan dan pemasaran

Bidang Lingkungan merupakan program penghijauan dan penataan wilayah desa tradisional nelayan agar lebih menarik untuk dikunjungi turis.

Dari keempat sektor yang sudah dijabarkan dan diselenggarakan oleh PT. Astra semoga banyak menginspirasi lembaga atau pihak lain untuk turut peduli terhadap kehidupan sosial. Program Kampung Berseri Astra ini dinilai banyak membangkitkan semangat masyarakatnya. Semoga akan banyak program sejenis Kampung Berseri Astra di masa yang akan datang.



6 Comments