Kerja Di Jakarta Buat Liat Asian Games, Mision Completed!

Asian Games Jakarta Palembang 2018 

Setelah pulang dari mengikuti kegiatan Ekspedisi Nusantara Jaya di Kepri, aku belum ada planning mau kemana. Sembari menunggu wisuda, aku masih kerja di toko fotokopi. Selain itu aku coba untuk apply pekerjaan di jobstreet dan semua postingan yang ada di medsos. 

Targetku kali ini ingin mencoba peruntungan di Jakarta. Orang tua ku beberapa kali menanyakan, mau melanjut kemana selanjutnya, apakah akan tetap stay di Bangka, atau coba kembali ke Lampung. Dengan tegas aku jawab tidak untuk keduanya. Aku ingin mencoba melanjutkan perjalananku ke Ibukota, ya Jakarta. Kenapa Jakarta? banyak sekali alasannya, semuanya ada disana, orang-orang hebat banyak belajar disana, tempat yang pantas untuk menguji kemampuan kalian untuk bertahan hidup. Selain itu juga karena tahun 2018 akan ada event internasional yang mungkin tidak akan aku jumpai seumur hidup sekali, ya Asian Games. Kalau ada yang menayakan apa alasanmu memilih kerja di Jakarta, ya dengan jelas aku akan menjawab karena mau liat Asian Games haha. 

Seminggu setelah wisuda, aku ada panggilan interview di Jakarta, ya akhirnya aku juga segera berangkat ke Jakarta. Aku menginap di tempat salah satu alumni kami. Besoknya aku langsung melakukan interview. 3 hari berselang, senin aku dinyatakan lulus dan langsung bekerja. Perusahaan ini bekerja di bidang Forex, dan jobdesk aku sebagai marketingnya, pekerjaannya tidak sesuai sekali saat di interview. Aku menanyakan hal yang sama juga dengan beberapa tema yang baru. Ternyata sama, mereka juga merasa tertipu, baru satu hari, aku sudah merasakan banyak hal yang aneh ada diperusahaan ini, model bisnis yang mirip MLM membuat aku muak. Esok harinya aku dan bebrapa teman baru yang sama -sama baru masuk memutuskan untuk keluar. Kami sama-sama tidak masuk dan malah pergi sama-sama ke Job fair yang diberi infonya dari teman kami. 

Ohhh, ternyata aku belum beruntung kali ini. Saat kembali ke kost aku ditanya oleh teman kost ku, bagaimana, apakah sudah bisa dikatakan kerjanya tetap? belum jawabku. Dia pun menawariku untuk bertemu bang Abi, ya masih sesama alumni kami, dia sekarang sedang membutuhkan orang untuk membuka kantor baru. Sehari sebelumnya aku juga ada melakukan interview di kantor yang direkomendasikan oleh kawan kost ku. Setelah bertemu Bang Abi, banyak sekali cerita-cerita beliau tentang kantor yang di olah oleh bang Abi. 3 hari setelah bertemu, aku diterima dan mulai bekerja di kantor bang Abi. aku disini bekerja sebagai Admin. Di Kantor ini kerjaku sangat santai, jam masuk boleh datang jam 10 siang, pulang bebas, tapi kebanyakan diatas jam 7 malam. Seminggu setelah bekerja di kantor bang abi, aku disuruh untuk pindah kost dekat kantor agar lebih dekat kata bang abi. Aku pun memutuskan untuk pindah kost. Sebulan lebih aku bekerja disana, kerjanya sedikit, tapi lebih banyak begadang, karena ikut menemani juga bang abi yang masih bekerja. Seminggu setelah bekerja disana aku mulai galau, gaji yang tidak seberapa membuatku bingung, belum lagi kerja yang masih tidak terlalu jelas membuatku tambah bingung. Sebenanrnya jaringan yang ada di kantor itu begitu hebat. Hampir setiap hari ada orang bule yang datang, membicarakan berbagai proyek yang akan di garap. Ya, perusahaan ini memang berjalan di bidang konsultan, ya berbagai macam mulai dari EO, pengadaan barang, ya karena hampir semua pegawai kantor ini juga merangkap sebagai orang staf kepresidenan. Awalnya aku memang tidak percaya, tapi lama kelamaan aku percaya setelah sering bertemu dengan staf staf daerah dari berbagai daerah.

Akhirnya setelah gejolak panjang dalam pikiran aku memutuskan untuk keluar. Ya aku kembali menjadi fakir-fakir job fair, hampir setiap hari ikut. Hingga akhirnya aku mendapat panggilan di Gojek. Ya kali ini dapat di bagian customer support Gopay. Aku harus ditraining disana selama 2 minggu. Baru seminggu disana, aku dan kawan-kawan baru yang di training diajarkan semua tentang Gojek dan Gopay. Suasananya nyaman sekali, ya seperti perusahaan Startup kebanyak, pakaiannnya bebas, kecuali senin, itupun hanya pakai kemeja. Tapi saat akhir-akhir training, aku kembali galau, perusahaan yang pernah aku diinterview beberapa minggu waktu itu kembali memanggilku untuk interview, dan infonya aku bakalan diterima dan akan berbicara masalah jobdesk dan gaji. 

Setelah banyak pertimbangan dan rekomendasi, akhirnya aku memutuskan untuk mengundurkan diri di Gojek dan menerima pinangan di PT Biak Veneer Jaya. Ya disinilah aku mulai bekerja dari awal tahun 2018 hingga sekarang, suasananya nyaman menurutku. Dulu kantor kami berada di depan komplek GBK, jadi misal ada pertandingan persija tidak jarang aku sering nonton langsung di GBK. YA ini juga merupakan salah satu impian ku selama ini hehe. 




Background belakangnya keren kan? kayak di Hongkong wkwk


Agustus 2018 menjadi moment dimana misiku menjadi completed karena aku menyaksikan Asian Games langsung di Jakarta, ya walaupun bukan nonton langsung pembukaan dan penutupan karena tiketnya mahal banget dan langsung abis, tapi kau berhasil menyelesaikan misiku. Completed


Misi selanjutnya adalah menjelajahi daerah-daerah di Indonesia yang punya keindahan yang luar biasa?

Mampukah Aku?

Kita lihat ya hehe

Agus Elmansyah, 2018

0 Comments